SOCIAL
MEDIA
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa
dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas
Kaplan dan Michael
Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok
aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi
Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated
content".
Klasifikasi
media sosial
Media sosial teknologi mengambil
berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial,
microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark
sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian
(kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi,
self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk
berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan
dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial[2]:
Proyek
Kolaborasi
Website mengijinkan usernya untuk
dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website
ini. contohnya wikipedia
Blog
dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan
sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah.
contohnya twitter
Konten
para user dari pengguna website ini
saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan
lain – lain. contohnya youtube
Situs
jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk
dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung
dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. contoh
Virtual
game world
Dunia
virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam
bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain
selayaknya di dunia nyata. contohnya game online.
Virtual
social world
Dunia virtual yang dimana
penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world,
berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan
lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
Ciri
- ciri media sosial
Media sosial mempunyai ciri - ciri
sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Perkembangan
media sosial
Perkembangan dari Media Sosial itu
sendiri sebagai berikut ] :
- 1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
- 1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
- 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
- 1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
- 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
- 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
- 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
- 2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
- 2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
- 2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
- 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Pertumbuhan
media sosial
Pesatnya perkembangan media sosial
kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio,
atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga
kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media.
Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan
jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar,
tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial
dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar,
video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony
Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi
manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide,
bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat,
menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun
sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial
menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa
diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah
alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal
branding.
Perkembangan dari media sosial ini
sungguh pesat, ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki
masing - masing situs jejaring sosial
ini, berikut tabel jumlah anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari
(August E. Grant:297) pada 1 mei 2010 :
No
|
Nama
situs
|
Jumlah
member
|
1
|
facebook
|
250.000.000
|
2
|
myspace
|
122.000.000
|
3
|
twitter
|
80.500.000
|
4
|
linkedin
|
50.000.000
|
5
|
ning
|
42.000.000
|
Media
sosial dan swasta
Kerangka sarang lebah mendefinisikan
bagaimana media sosial layanan fokus pada beberapa atau semua tujuh blok
bangunan fungsional (identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, hubungan,
reputasi, dan kelompok). Bangunan blok tersebut membantu memahami kebutuhan
pertunangan dari audiens media sosial. Sebagai contoh, pengguna LinkedIn peduli
kebanyakan tentang identitas, reputasi dan hubungan, sedangkan blok utama
YouTube bangunan berbagi, percakapan, kelompok dan reputasi
Banyak perusahaan membangun wadah
sosial sendiri yang mencoba untuk menghubungkan blok bangunan tujuh fungsional
sekitar merek mereka. . Ini adalah komunitas swasta yang melibatkan orang-orang
di sekitar tema yang lebih sempit, seperti di sekitar panggilan tertentu, merek
atau hobi, dari wadah media sosial seperti Facebook atau Google+
Sementara jejaring sosial merupakan
situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung
dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial
terbesar antara lain Facebook, Myspace, Plurk,
dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media
cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial
mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi
kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi
informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka
media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau
twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan
menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media
sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju,
tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak
menggantikan peranan media massa konvensional
dalam menyebarkan berita-berita.
Apa itu Media Sosial?
Cara terbaik untuk menentukan media sosial adalah untuk memecahnya. Media adalah alat komunikasi, seperti koran atau radio, sehingga media sosial akan menjadi instrumen sosial komunikasi.
Dalam istilah Web 2.0, ini akan menjadi sebuah website yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi berinteraksi dengan Anda saat memberikan Anda informasi. Interaksi ini dapat sesederhana meminta komentar Anda atau membiarkan Anda suara pada sebuah artikel, atau bisa serumit Flixster merekomendasikan film untuk Anda didasarkan pada peringkat dari orang lain dengan minat yang sama.
Pikirkan media teratur sebagai jalan satu arah di mana Anda dapat membaca koran atau mendengarkan laporan di televisi, tetapi Anda memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk memberikan pikiran Anda tentang masalah tersebut.
Media sosial, di sisi lain, merupakan jalan dua arah yang memberikan Anda kemampuan untuk berkomunikasi juga.
A Guide to Web Sosial
Apakah Media Sosial dan Berita Sosial Same Thing?
Sangat mudah untuk mengacaukan media sosial dengan berita sosial karena kita sering merujuk kepada anggota berita sebagai "media." Menambah kebingungan adalah kenyataan bahwa sebuah situs berita sosial juga merupakan situs media sosial karena jatuh ke dalam kategori yang lebih luas.
Tapi berita sosial bukanlah hal yang sama seperti media sosial lagi dari pisang adalah hal yang sama seperti buah. Pisang adalah jenis buah, tapi buah juga bisa menjadi anggur, stroberi, atau lemon. Dan sementara berita sosial adalah media sosial, jejaring sosial dan wiki juga media sosial.
Beberapa Media Sosial Website?
Sekarang kita telah menjawab pertanyaan tentang apa yang media sosial, kita bisa beralih ke situs-situs media sosial. Karena media sosial adalah suatu istilah yang luas, mencakup berbagai macam website. Tetapi hubungan yang umum antara situs ini adalah bahwa Anda dapat berinteraksi dengan website dan berinteraksi dengan pengunjung lainnya.
Berikut adalah beberapa contoh situs media sosial:
• Social Bookmarking. (Del.icio.us, Blinklist, Simpy) Berinteraksi oleh situs penandaan dan
mencari melalui situs bookmarked oleh orang lain.
• Sosial Berita. (Digg, Propeller, Reddit) Berinteraksi dengan voting untuk artikel dan komentar
• Sosial Berita. (Digg, Propeller, Reddit) Berinteraksi dengan voting untuk artikel dan komentar
pada mereka.
• Jaringan Sosial. (Facebook, Hi5, Last.FM) Berinteraksi dengan menambahkan teman,
• Jaringan Sosial. (Facebook, Hi5, Last.FM) Berinteraksi dengan menambahkan teman,
mengomentari profil, bergabung dengan kelompok dan berdiskusi.
• Sosial Foto dan Video Sharing. (YouTube, Flickr) Berinteraksi dengan berbagi foto atau video
• Sosial Foto dan Video Sharing. (YouTube, Flickr) Berinteraksi dengan berbagi foto atau video
dan mengomentari kiriman pengguna.
PERTANYAAN:
b.
2002 d. 1967
2.
Dunia
virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam
bentuk avatar –
avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game
online.
avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game
online.
Pengertian di atas adalah pengertian dari..
a. Virtual
social world c.
Situs jejaring sosial e. Blog dan microblog
b. Virtual
game world d. Konten
3. Friendster berdiri tahun..
a.
2005 c. 2004 e. 2008
b. 2007 d. 2002
4. Website mengijinkan usernya untuk
dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten –
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
Penjelasan
diatas adalah pengertian dari..
a. Proyek Kolaborasi c.
Konten e. Virtual Game Word
b. Blog dan Microblog d. Situs Jejaring Sosial
5. Pada
tahun 2006 lahir sebuah sosial media yaitu…
a.
Blog c. Twitter e. Friendster
b.
Facebook d. Google
6. Media
Sosial adalah..
a. User lebih bebas dalam mengekspresikan
sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik
kebijakan pemerintah. contohnya twitter
kebijakan pemerintah. contohnya twitter
b. Media sosial adalah sebuah media
online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia
virtual Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia
virtual Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
c. Dunia virtual, dimana
mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk
avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata.
contohnya game online.
avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata.
contohnya game online.
d. Website mengijinkan usernya untuk
dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten –
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
e. para user dari pengguna website ini
saling meng-share konten – konten media, baik seperti
video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube.
video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube.
7. Media sosial adalah mengenai menjadi
manusia biasa. Manusia
biasa yang saling membagi ide,
bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang
bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Pengertian
Media Sosial menurut..
bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang
bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Pengertian
Media Sosial menurut..
8. Pada tahun 1999 Muncul situs yang
bernama..
a.
Frienster c. Google e. Gmail
b.
Blooger d. Facebook
9. Yang
merupakan ciri-ciri dari Media Sosial adalah..
a. Pesan yang di sampaikan
tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak
orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
b. Pesan yang di sampaikan tidak bebas
c. Pesan yang di sampaikan cenderung lambat
di banding media lainnya
d. Pembuat pesan yang menentukan waktu
interaksi
e. Penerima tidak tau cara menentukan
waktu interaksi
10. Contoh dari Blog dan Microblog adalah..
a. Google c.
Friendster e. Twitter
b. Youtube d. Facebook
No comments:
Post a Comment